Berapa Tarif Jasa Pengacara Perceraian di Sukmajaya,DEPOK

Berapa Tarif Jasa Pengacara Perceraian di Sukmajaya,DEPOK

Berapa Tarif Jasa Pengacara Perceraian di Sukmajaya,DEPOK ?

Untuk Berapa Tarif Jasa Pengacara Perceraian di Sukmajaya,DEPOK belum ada standar umum mengenai biayanya. Tarif tanda jadi perkara untuk kasus perceraian ini bergantung pada pengadilan mana Anda akan mengajukan perceraian tersebut. Fee untuk jasa kuasa hukum pun berdasarkan pada perjanjian awal antara anda dengan pengacara. Biasanya, pengacara menawarkan jasa hukum dua macam type biaya yaitu secara lump sum (pembayaran tunai) atau hourly-basis (dihitung per-jam). Pengguna Jasa dapat menentukan biaya mana yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhannya.

Biaya Jasa Pengaracara Perceraian

Pada umumnya biaya pengacara dalam penanganan kasus perceraian tersebut biasanya terbagi dengan 3 (tiga) rincian yang dapat kai jelaskan sebagai berikut:

1.Lawyer Fee atau Jasa Pengacara, kisaran biaya pengacara perceraian antara Rp 8 juta sampai Rp 50 juta. Untuk kasus yang ditangani oleh Pengadilan Agama, kisaran biayanya Rp 8 juta hingga Rp 25 jutaan. Sementara, untuk kasus yang ditangani oleh Pengadilan Negeri, biayanya Rp 10 juta hingga Rp 50 jutaan. 

Adapun untuk kasus perceraian yang berlanjut ke tingkat banding dan kasasi, biasanya pengacara membebankan biaya tambahan.  Pada dasarnya tidak ada standar baku biaya pengacara perceraian, silakan konsultasikan terlebih dahulu permasalahan hukum Anda kepada pengacara yang Anda percayai.

2. Biaya Transport, setiap kantor pengacara atau pengacara perseorangan tentu membutuhkan uang transport setiap datang ke Pengadilan untuk menangani kasus atau hadir dalam persidangan, untuk biaya antara pengacara yang satu dengan yang lain berbeda-beda namun gambaran secara umum adalah tergantung harga tiket Kerata, Bus, Travel, Pesawat, makan, hotel dan biaya taksi.

3. Biaya Panjar Pengadilan, setiap kasus Perdata baik itu kasus perceraian maupun kasus perdata lainnya akan dikenakan biaya panjar pada saat mengajukan Gugatan atau Permohonan, untuk biaya panjar pengadilan tentu berbeda-beda juga tergantung jarak atau radius Penggugat dan Tergugat dengan pengadilan tempat pengajuan perceraian tersebut semakin jauh maka akan semakin besar namun untuk kisaran antara Rp 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah) sampai Rp 3.000.000,- (Tiga Juta Rupiah).

Dapatkah Mengurus Perceraian Tanpa Advokat?

Anda dapat melakukan proses perceraian tanpa didampingi oleh pengacara. Bila menurut Anda penyelesaian kasus yang akan diraih terbilang cukup optimal dengan tanpa jasa pengacara, proses perceraian bisa saja dilakukan tanpa didampingi pengacara. Akan tetapi, biasanya para pihak merasa perlu didampingi advokat, karena awam mengenai hukum serta belum tahu mengenai proses dalam persidangan perceraian.

Dilain pihak, peran advokat sebenarnya tidak hanya untuk mendampingi para pihak saat persidangan. Pengacara juga dapat menjadi mediator dialog antara para klien yang akan bercerai dalam membicarakan segala kesepakatan yang akan dicapai misalnya, tunjangan hidup, hak pengasuh anak dan hal-hal penting lainnya.

Adakah Biaya Lain selain Pengacara?

Berikut ini komponen biaya yang diperlukan untuk memproses perceraian selain tarif kuasa hukum

1.Biaya Pengadilan
Umumnya, biaya pengacara sudah termasuk ongkos di pengadilan. Namun kita tetap perlu mengetahui apa saja yang harus dibayar. Apalagi jika berencana mengurus perceraian sendiri.
Panggilan (penggugat 2 kali; tergugat 3 kali). Biaya panggilan bergantung kepada radius jarak tempat tinggal penggugat dan tergugat dengan pengadilan. Itu baru biaya pengadilan di tingkat pertama. Biaya ini berlaku untuk gugatan di pengadilan negeri maupun pengadilan agama.

2. Biaya Pengadilan Selanjutnya
JIka pengadilan di tingkat pertama sudah ada putusan, kadang pihak penggugat maupun tergugat dapat saja mengajukan banding. Makan, ini siap-siap keluar uang lagi. Minimal ada tiga komponen biaya, yakni pendaftaran, gugatan banding, dan kirim berkas. Biaya tambahan perlu dipertimbangkan lagi jika proses perceraian dibawa ke tingkat kasasi dan kemudian peninjauan kembali. Makin tinggi tingkat pengadilan, biaya makin besar.

Berapa Tarif Jasa Pengacara Perceraian di Sukmajaya,DEPOK

Waktu yang Diperlukan untuk Kasus Perceraian ?

Normalnya proses perceraian akan membutuhkan waktu maksimal 6 (enam) bulan di tingkat pertama, baik di Pengadilan Negeri ataupun di Pengadilan Agama.

Untuk pengajuan gugatan cerai, dibedakan bagi yang beragama Islam kasus perceraian didaftarkan ke Pengadilan Agama dan untuk yang beragama selain Islam gugatan diajukan ke Pengadilan Negeri.

Benarkah Hak Asuh Anak Diberikan Kepada Ibu?

Tentang hak asuh anak, pengadilan biasanya memberikan hak perwalian dan pemeliharaan anak di bawah umur kepada ibu. Berpedoman pada, Pasal 105 Kompilasi Hukum Islam (“KHI”) yang mengatakan bahwa anak yang belum berusia 12 tahun adalah hak ibunya. Setelah anak tersebut berusia 12 tahun maka dia diberikan kebebasan memilih untuk diasuh oleh ayah atau ibunya.

Bagi anda yang ingin atau memerlukan serta ingin tahu Berapa Tarif Jasa Pengacara Perceraian di Sukmajaya,DEPOK silahkan menghubungi konsultan hukum dibawah ini:

TRI & REKAN Law Firm

Sebagai Pengacara advokat dan konsultan hukum berdedikasi untuk memberikan kontribusi kami di bidang hukum, beberapa bidang yang kami jalani seperti : hukum pidana,hukum perdata,hukum pertanahan,hukum perburuhan, hukum keluarga : gugatan cerai / perceraian, permasalahan harta gono-gini, wali asuh anak, bidang hukum pidana, perdata, dan sebagainya.

Untuk bantuan hukum atau jasa pengacara perceraian silahkan klik link dibawah ini

 

PROSEDUR GUGAT CERAI DI PENGADILAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *