Biaya Pengacara Perceraian

Sekarang mengurus perceraian di majelis sidang bisa dilakukan dengan dua cara, yakni mengikuti proses sidang biasa atau menggunakan jasa mewakili di pengadilan. Artinya, Anda tidak perlu datang dan memberikan hak kuasa penuh kepada pengacara perceraian sebagai perwakilan di pengadilan. Biasanya metode kedua dilakukan agar proses perceraian bisa cepat tanpa proses mediasi.

Cara tersebut sebenarnya sudah diatur dalam UU nomor 50 tahun 2009 yang berisi bahwa kedua belah pihak yang berkepentingan dalam sidang perceraian bisa memberikan kuasanya pada orang lain untuk mewakilinya. Namun dalam memilih jasa pengacara dan konsultan hukum tentu harus memikirkan dengan matang.

Pastikan bahwa pengacara yang dipilih merupakan orang terpercaya, memiliki komunikasi yang baik agar bisa terus mendapatkan informasi selama persidangan berlangsung. Selama proses perceraian tetap dilakukan melalui pengadilan, baik pengadilan agama atau negeri. Namun tentunya jika harus mempercayakan sepenuhnya ada beberapa biaya yang harus dipikirkan, yakni seperti berikut ini.

Biaya pengacara

Biaya menyewa jasa pengacara menjadi biaya yang harus Anda keluarkan dan tentunya tidak sedikit. Biaya tersebut akan semakin tinggi, jika Anda memang memilih untuk menyerahkan segala proses pengadilan kepada pengacara sepenuhnya. Namun, Anda perlu tahu akan skema biaya yang diberlakukan.

Sebenarnya ada dua jenis skema biaya yang diberlakukan oleh seluruh jasa pengacara di Indonesia. Pertama, biaya bisa dibebankan kepada Anda pada layanan per jam. Kedua, pembayaran bisa dilakukan secara tunai. Anda bisa memilih salah satu skema untuk menyewa jasa yang satu ini.

Tidak hanya itu saja, biaya dalam menyewa pengacara tidak sekedar untuk honorarium saja, biaya bisa meliputi biaya perkara, biaya operasional, biaya akomodasi, biaya transportasi hingga biaya sidang. Pengacara juga bisa mendapatkan biaya tambahan apabila Anda memenangkan perkara, seperti hak asuh anak atau pembagian harta gono gini.

Namun biasanya memang biaya rata – rata untuk memberikan kuasa penuh pada jasa mewakili di pengadilan memang cukup tinggi. Untuk kota besar sendiri, dibutuhkan biaya berkisar 10jt hingga 60 juta. Biaya ditentukan dari kesulitan yang dihadapi nantinya.

Biaya panjar perkara

Biaya panjar perkara adalah biaya yang dibebankan kepada penggugat untuk dibayarkan ke pihak pengadilan. Biaya ini merupakan biaya operasional pelaksanaan sidang. Untuk besaran nominalnya tergantung akan pihak pengadilan di kota masing – masing. Selain itu, biaya juga tergantung akan jarak tergugat dan pengadilan.

Biaya penerbitan akta cerai

Biaya terakhir merupakan biaya untuk menerbitkan akta perceraian. Untuk bisa mendapatkannya, Anda cukup mengurusnya melalui kantor catatan sipil. Namun biasanya, jika memberikan kuasa penuh pada pengacara, akta perceraian juga akan diterbitkan.

Itulah rincian biaya yang harus Anda keluarkan jika ingin mengurus perceraian dengan jasa mewakili di pengadilan alias Anda tidak perlu menghadiri sidang sama sekali.